• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Lawan Pelecehan Seksual! Mahasiswa KKN Tim II Undip Memberikan Edukasi Seks pada Siswa SMP Negeri 1 Talun

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan

materi Edukasi Seks kepada Siswa SMP Negeri 1 Talun (20/7/2023)

 

Kalirejo, Pekalongan (20/7/2023) – Edukasi seks telah menjadi perdebatan yang kompleks dalam masyakarat. Terdapat pihak yang menganggap hal tersebut sebagai topik yang tabu. Terdapat pula pihak yang percaya bahwa memberikan pengetahuan terkait edukasi seks kepada individu sejak dini dapat merangsang perilaku yang tidak diinginkan.

 

Melihat permasalahan tersebut, KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023 mengadakan penyuluhan edukasi seks kepada siswa SMP Negeri 1 Talun. Penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal dan menyadarkan para siswa mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan kesehatan psikologis mereka dengan cara mengembangkan hubungan sosial, membangun batasan diri yang baik, dan menghindari perilaku seksual berisiko.

Maraknya kasus pelecehan seksual yang terjadi tentu menjadi sebuah ancaman bagi para remaja yang rentan terhadap pemahaman yang tidak tepat terkait seks. Meningkatnya kasus pelecehan seksual merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan remaja mengenai edukasi seks yang seharusnya sudah diperoleh sejak dini dari keluarganya.

 

Informasi yang disampaikan pada penyuluhan tersebut terdiri dari perkembangan seksual remaja, organ reproduksi pria dan wanita, informasi mengenai menstruasi yang mencakup siklus menstruasi, perbedaan masa subur, dan ovulasi. Selain itu, dipaparkan materi mengenai seks pra nikah dan dampaknya. Dalam melengkapi penyampaian materi tersebut, disampaikan pula mengenai kekerasan gender berbasis online (KGBO), regulasi mengenai KGBO dan tips menghindari KGBO. Dalam memberikan informasi mengenai psikologis remaja, KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023 juga menyampaikan mengenai keterampilan sosial dalam menjalin hubungan pertemanan dan batasan diri yang ideal agar siswa dapat terhindar aktivitas seksual yang berisiko.

 

Harapan dari adanya penyuluhan ini yaitu siswa SMP Negeri 1 Talun dapat lebih peka terhadap permasalahan dan informasi mengenai edukasi seksual, dapat meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya edukasi seks sejak usia dini, serta memiliki pemahaman yang benar mengenai edukasi seks. Adapun output dalam program kerja ini adalah poster mengenai Edukasi Seks yang diberikan kepada guru di SMP Negeri 1 Talun.

 

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro

memberikan poster Edukasi Seks (20/7/2023)

 

Penulis : KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023

DPL     : Nenik Woyanti., SE., M.Si.  

Lokasi : SMP Negeri 1 Talun, Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

#KKNUndipTim2
#P2KKNUndip
#LPPMUndip
#Undip


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.