• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

PENTINGNYA MEMILIH DAGING BERKUALITAS (ASUH): Tim II KKN UNDIP 2023 Mendorong Kesehatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Kalirejo

Desa Kalirejo, Pekalongan (28/07/23) – Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara sosialisasi berjudul "Pentingnya Memilih Daging Berkualitas ASUH". Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memilih dan mengonsumsi daging yang berasal dari hewan ternak yang mendapatkan perawatan dan pakan yang baik.

Acara ini dihadiri oleh warga masyarakat, serta peternak lokal. Pembicara utama dalam acara ini adalah Damar Rizqullah, mahasiswa jurusan peternakan Universitas  Diponegoro. Dalam presentasinya, mahasiswa menyoroti pentingnya memilih daging yang berasal dari hewan ternak yang mendapatkan sertifikasi Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

Salah satu poin penting yang disampaikan adalah bahwa daging dari hewan ternak yang mendapat perawatan dan pakan yang baik memiliki kualitas gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging dari hewan yang dijaga dalam kondisi yang kurang baik. Hal ini berdampak positif pada kesehatan masyarakat yang mengonsumsinya. Mahasiswa juga menjelaskan bahwa memilih daging berkualitas (ASUH) tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga mendukung kesejahteraan peternak lokal dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan beberapa peternak lokal yang telah menerapkan praktik ASUH dalam beternak hewan mereka. Mereka berbagi pengalaman dan pelajaran yang mereka peroleh dari upaya mereka dalam meningkatkan kualitas daging dan produk ternak lainnya. Diskusi interaktif antara peserta acara dan para peternak lokal memberikan inspirasi dan pandangan yang lebih mendalam tentang implementasi praktik ASUH dalam dunia peternakan.

Acara "Pentingnya Memilih Daging Berkualitas ASUH" di Desa Kalirejo ini telah berhasil mengedukasi masyarakat tentang dampak positif dari memilih daging berkualitas tinggi yang berasal dari praktik ternak yang benar. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya ASUH, diharapkan masyarakat dapat membuat pilihan yang lebih cerdas dalam memilih dan mengonsumsi produk-produk ternak yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri, serta berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan perekonomian lokal.

Penulis : Damar Rizqullah / 23010120140075 (Peternakan – Fak. Peternakan dan Pertanian)

DPL    : Nenik Woyanti., SE., M.Si  

Lokasi : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.