• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Yuk! Peduli Sampah Sejak Dini Guna Menjaga Ekosistem Perairan

Kalirejo, Pekalongan (21/07/2023) – Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi. Adapun sampah berasal dari kegiatan sehari-hari manusia atau dari proses alam. Permasalahan sampah harus cepat ditangani oleh Pemerintah Indonesia dan masyarakat. Hal ini disebabkan karena sampah menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi kehidupan manusia dan ekosistem perairan. Menurut World population, Indonesia berada diurutan negara ke-5 sebagai penghasil sampah terbanyak di dunia, yakni sebanyak 9,13 juta ton. Adapun sampah didominasi sampah plastik.

Permasalahan sampah yang ada dapat diminimalisasi dengan pengelolaan yang benar dan sederhana. Hal ini dapat dilakukan dari anak-anak hingga orang dewasa. Kesadaran peduli sampah dapat menjaga ekosistem perairan khususnya biota yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, penanaman kepedulian sampah sejak dini sangat perlu dilakukan. Mahasiswa Universitas Diponegoro mengadakan Penyuluhan Terkait Pentingnya Membuang Sampah pada Tempatnya. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 1 Kalirejo pada Jumat, 21 Juli 2023. Kegiatan ini berlangsung selama 1 jam dan diikuti oleh 47 siswa terdiri dari kelas 4 dan 5.

Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dengan penyampaian materi terkait sampah, antara lain pengertian sampah, asal sampah, jenis-jenis sampah, dampak sampah pada kehidupan manusia serta ekosistem perairan, dan upaya pengelolaan sampah. Pada pelaksanaan kegiatan terlihat antusiasme siswa dan siswi SDN 1 Kalirejo. Hal ini ditunjukkan partisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan. Siswa dan siswi yang bertanya mendapatkan dompet yang dibuat dari daur ulang sampah, yaitu bungkusan plastik kopi. Hal ini dilakukan untuk memotivasi siswa dan siswi dalam memulai pengelolaan sampah menjadi barang yang berguna.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro juga menyerahkan dan menempelkan poster tentang Pentingnya Peduli Sampah pada pihak sekolah. Harapannya melalui kegiatan ini siswa dan siswi dapat lebih memahami pentingnya peduli sampah melalui pengelolaan sampah tepat guna demi menjaga ekosistem perairan.

 

Penulis    : Isna Fara Diba Nur Aulia (26010120140092) - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Manajemen Sumber Daya Perairan)

DPL          : Nenik Woyanti., SE., M.Si

Lokasi      : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

 

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2023

#KKNUndipTim2

#p2kknUndip

#LPPMUndip

#Undip


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.