• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

HEMAT PANGKAL KAYA, MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO MENGAJAK SISWA SISWI SDN 01 KALIREJO UNTUK GEMAR MENABUNG

Desa Kalirejo, Pekalongan (21/07/2023) – Menabung akan mejadi sulit ketika kita tidak terbiasa melakukannya. Kebiasaan menabung sebenarnya tidak sulit apabila kita sudah terbiasa sejak dini. Berbagai macam – macam bentuk uang dan cara menabung serta berhemat akan mampu melatih kemampuan untuk mengelola uang secara bijak dan sesuai kebutuhan , dan mampu mendorong anak – anak terbiasa mengatur keuangan dengan baik dan tepat. Mengajarkan anak – anak untuk hidup hemat bertujuan untuk pembangunan Karakteristik untuk tidak boros, disiplin, lebih menghargai uang, mandiri dan bisa membedakan keinginan dan kebutuhan.

Menabung adalah cara kita menyisihkan uang yang kita miliki untuk tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Banyak yang menangkan tidak baik mengenalkan uang kepada anak – anak karena dapat menimbulkan mata duitan. Namun, mengenalkan uang pada anak – anak dapat menumbuhkan rasa menghargai uang. Selain itu, anak – anak dapat belajar berhitung dari nominal sekaligus.

Dalam edukasi ini menyampaikan materi seperti pengertian uang, macam – macam jenis uang, pengertian menabung dan tips menabung sejak dini. Pada saat edukasi berjalan menggunakan bahasa dan ilustrasi yang mudah dipahami oleh anak SD. Serta saat pemaparan materi menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak – anak tertarik mendengarkan materi. Disela – sela waktu pengantaran materi ada pertanyaan berhadiah yang bisa dijawab oleh anak – anak agar mereka tetap semangat. Di akhir sesi pendakian bahan juga ada pertanyaan yang harus dijawab oleh mereka dan mendapatkan hadiah berupa celengan.

Program ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Kalirejo dengan target kelas 4 dan 5 yang berjumlah 47 siswa. Dari kegiatan edukasi pengenalan uang dan penyimpanan, diharapkan anak – anak SD memiliki kesadaran terhadap pentingnya budaya penyimpanan sejak dini. Serta memiliki rasa menghargai uang dan terbiasa menyisihkan uang untuk menabung. Agar nantinya akan memiliki kebiasaan untuk berhemat dan mampu membedakan mana keinginan dan kebutuhan.

Penulis : Dzakiyah Latdurida / 40011420650034 (Akuntansi Perpajakan – Sekolah Vokasi)

Dosen Pembimbing KKN : Nenik Woyanti., SE., M.Si

Lokasi : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip

 


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.