• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

LINDUNGI KELUARGAMU, MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO MENGAJAK SISWA SISWI SMAN 1 TALUN UNTUK STOP PINJAMAN ONLINE ILEGAL !!!

Desa Kalirejo, Pekalongan (24/7/2023) – Tema KKN yang dilaksanakan oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro 2022/2023 adalah Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDG’s. Program ini dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2023 di SMAN 1 Talun  dengan siswa kelas X. Program yang dilaksanakan berupa pemberian edukasi, pengenalan serta pencegahan pinjaman online illegal kepada siswa kelas X.

Pemilihan target peserta yaitu kalangan remaja yang melek akan teknologi. Karena sasaran empuk pelaku kejahatan online adalah setiap orang yang mampu mengoperasikan teknologi canggih. Setiap kanal media sosial akan menjadi tempat sponsor yang sangat strategis bagi aplikasi maupun web dari pinjaman online illegal. Dengan demikian sangat diperlukan pengedukasian agar tidak terjerumus pinjaman online illegal.

Pinjaman online juga bisa disebut Fintech Lending/Peer-to-Peer Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman/lender dengan penerima pinjaman/borrower dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik. Fintech lending juga disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (LPMUBTI). Terdapat 102 perusahaan Fintech yang terdaftar dan mengantongi izin operasional dari OJK per 9 Maret 2023.

Dengan pemberian materi berupa pengertian apa itu pinjaman online, perbedaan pinjaman online legal dan illegal, penyebab terjeratnya pinjaman online illegal, cara mengatasi pinjaman online illegal, dan kanal – kanal yang dilewati sponsor oleh pinjaman online illegal. Respon dari siswa-siswi SMP kelas 10 dalam pelaksanaan kegaiatan ini sangat baik. Semua peserta mendengar dengan seksama dan mengetahui kanal-kanal media social yang menjadi tempat sponsor dari pinjaman online illegal. Dan semua siswa – siswi telah memahami keadaan sekarang sedang maraknya kasus bunuh diri karena terjerat kasus pinjaman online illegal.

Disebutkan juga dari Ibu Kepala Sekolah ‘’Pemilihan topik yang dibawakan oleh adik – adik KKN UNDIP ini sangat lah tepat dengan keadaan zaman yang serba digital dengan kejahatan online yang beragam bahkan bisa berujung kematian’’. Harapan dengan adanya kegiatan ini adalah menambah pengetahuan, mencegah terjeratnya pinjaman online illegal, mengetahui betapa berbahayanya pinjaman online illegal dan data pribadi bisa aman tidak dibocorkan.

Penulis : Dzakiyah Latdurida / 40011420650034 ( Akuntansi Perpajakan – Sekolah Vokasi )

Dosen Pembimbing KKN : Nenik Woyanti., SE., M.Si

Lokasi : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

 

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.