• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Stop Pernikahan Dini! Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Penyuluhan Mengenai Dampak Kesehatan Pernikahan Dini

Desa Kalirejo, Pekalongan (24/7/2023) – Pencegahan menikah dini telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2022/2023 dengan cara melakukan penyuluhan mengenai pernikahan dini kepada siswa-siswi kelas X SMAN 1 Talun yang berada di Desa Kalirejo. Kegiatan tersebut dilakukan karena tingginya angka pernikahan dini yang terjadi di Kecamatan Talun, khususnya Desa Kalirejo. Desa Kalirejo menempati urutan keempat angka pernikahan dini tertinggi di Kabupaten Pekalongan.

Penyuluhan mengenai pernikahan dini telah dilakukan pada Senin, 24 Juli 2023 pukul 07.30 WIB di SMAN 1 Talun. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X SMAN 1 Talun. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai pengertian, dampak bagi kesehatan, fakta, faktor penyebab, dan dampak dari pernikahan dini. Setelah itu, kami memberikan beberapa leaflet dan poster untuk siswa-siswi dan SMAN 1 Talun agar dapat mereka baca kembali mengenai materi yang sudah diberikan oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. 

Penyuluhan ini ditutup dengan penempelan poster mengenai pernikahan dini di mading sekolah SMAN 1 Talun dan pemberian beberapa leaflet kepada siswa-siswi kelas X SMAN 1 Talun. Hal ini bertujuan untuk memudahkan siswa-siswi dalam membaca ulang mengenai dampak dari pernikahan dini terutama dalam segi kesehatan. Selain itu, penempelan poster juga bertujuan untuk menambah wawasan edukasi siswa-siswi yang tidak mendapatkan pemaparan materi secara langsung oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengenai bahaya pernikahan dini.

Penyuluhan ini berjalan dengan lancar dan siswa-siswi dapat aktif bertanya mengenai materi yang diberikan oleh mahasiswa. Harapannya, penyuluhan ini dapat menggerakkan masyarakat terutama siswa-siswi SMAN 1 Talun untuk mengetahui mengenai bahaya dan dampak dari pernikahan dini terutama dalam bidang kesehatan serta dapat menurunkan angka pernikahan dini di Desa Kalirejo, sehingga mereka dapat berfokus untuk mengejar cita-citanya. 

Penulis : Hayutami Andyaputri

Dosen Pembimbing Lapangan : Nenik Woyanti., S.E., M.Si

Lokasi KKN : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.