• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT, TIM II KKN UNDIP 2023 MEMBERIKAN SOSIALISASI MENGENAI STANDAR PELAYANAN PUBLIK KE PERANGKAT DESA KALIREJO

Kalirejo, Pekalongan (25/07/23) – Pelayanan publik merupakan hal yang harus diberikan kepada masyarakat. Perangkat desa merupakan aktor utama dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat di sebuah desa. Balai desa menjadi tempat terjadinya pemberian layanan publik kepada masyarakat yang diberikan langsung oleh perangkat desa.

Pelayanan publik menjadi hal yang krusial untuk diberikan kepada masyarakat. Maka dari itu pelayanan publik harus baik dan berkualitas saat diberikan oleh perangkat desa kepada masyarakat Desa Kalirejo yang sesuai dengan standar pelayanan publik. Standar pelayanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan teratur.

Melihat pentingnya standar pelayanan publik, Tim II KKN Undip memiliki program untuk  memberikan sosialisasi mengenai standar pelayanan publik yang baik kepada perangkat desa di Desa Kalirejo pada tanggal 25 Juli 2023 yang berlokasi di Balai Desa Kalirejo. Sosialisasi tersebut ditujukan kepada perangkat desa sebagai upaya dalam meningkatkan kepuasan masyarakat dalam memperoleh layanan publik di Balai Desa.

Dalam sosialisasi tersebut, Tim II KKN Undip memberikan pengetahuan mengenai bagaimana pelayanan publik yang baik. Pengetahuan yang diberikan kepada perangkat desa berupa standar pelayanan publik yang sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat. Sehingga, tidak terjadi perbedaan antara pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah pusat sampai perangkat desa sekalipun.

Diharapkan melalui sosialisasi tersebut, perangkat desa dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang sudah sesuai dengan standar yang seharusnya. Kemudian secara tidak langsung kepuasan masyarakat Desa Kalirejo juga akan meningkat dan memberikan public trust yang lebih lagi kepada perangkat desa. Adapun output dalam program ini adalah berupa poster mengenai standar pelayanan publik yang berkualitas yang kemudian diberikan kepada perangkat desa. 

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip

Penulis : Alisya Ihsani Purnomo

DPL : Nenik Woyanti., SE., M.Si  

Lokasi : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.