• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Narkoba? Jangan Coba-Coba: Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Lakukan Penyuluhan Bahaya dan Dampak Penyalahgunaan Napza kepada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Talun

Mahasiswa KKN Tim II Undip menjelaskan materi terkait bahaya napza (24/7/2023).

Kalirejo, Pekalongan (24/7/2023) – Pemahaman mengenai napza dan bahaya penyalahgunaannya merupakan hal yang perlu diketahui oleh berbagai pihak, salah satunya remaja. Dalam rangka menyongsong generasi emas Indonesia tahun 2045, para remaja perlu diberikan pengetahuan mengenai napza dan bahayanya agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak kualitas suatu generasi, salah satunya penyalahgunaan narkotika.Remaja merupakan masa di mana seseorang melakukan eksplorasi terhadap hal-hal baru. Oleh karena itu, remaja dapat dikatakan sebagai populasi rentan dari hal-hal berisiko, seperti penyalahgunaan narkotika. Hal tersebut dapat dihindari apabila para remaja diberikan edukasi mengenai bahaya penyalahgunaan zat terlarang tersebut. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengadakan penyuluhan mengenai Bahaya dan Dampak Psikologis Penyalahgunaan Napza.

Dokumentasi bersama poster Narkoba? Jangan Coba-Coba! (24/7/2023).

Penyuluhan mengenai Bahaya dan Dampak Psikologis Penyalahgunaan Napza dilaksanakan pada Senin, 24 Juli 2023 pukul 07.30 WIB. Sebelum masuk ke sesi penyampaian materi, para siswa-siswi diajak untuk berdiskusi terkait pengetahuan mereka tentang napza. Sesi diskusi berjalan dengan interaktif. Hal tersebut terlihat dari antusiasme para siswa-siswi yang terlibat aktif dalam diskusi ini. Materi yang diberikan pada penyuluhan ini meliputi jenis-jenis napza, perbedaan narkotika dan psikotropika, serta penyalahgunaan napza dan dampaknya dari segi kesehatan dan psikologis. Pemberian materi dilakukan dengan menggunakan media presentasi power point. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian output berupa poster yang berjudul “Narkoba? Jangan Coba-Coba!” oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. Poster juga ditempel di majalah dinding sekolah agar informasi mengenai bahaya penyalahgunaan napza dapat tersebar lebih luas.

Penempelan output poster “Narkoba? Jangan Coba-Coba!” (24/7/2023).

Penyuluhan berlangsung dengan kondusif. Selama penyuluhan berlangsung, siswa-siswi kelas X menyimak materi dengan saksama dan antusias. Dengan dilaksanakannya penyuluhan ini, diharapkan para siswa-siswi dapat memiliki wawasan dan pemahaman terkait jenis-jenis napza, perbedaan narkotika dan psikotropika, serta penyalahgunaan napza dan dampaknya dari segi kesehatan dan psikologis, sehingga menimbulkan kesadaran untuk membangun kontrol diri agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang merugikan seperti penyalahgunaan narkoba. Selain itu, diharapkan pula agar para siswa-siswi dapat mengedukasi teman sebaya dan orang-orang sekitarnya.

#KKNUndipTim2
#P2KKNUndip
#LPPMUndip
#Undip

Penulis : Hana Kartika Surya
DPL : Nenik Woyanti, S.E., M.Si.
Lokasi KKN : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.