• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Stop Membuang Minyak Jelantah! Mahasiswa Tim II KKN Undip Melakukan Penyuluhan Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi

Desa Kalirejo, Pekalongan (15/07/2023) - Minyak goreng adalah hal yang sangat diperlukan oleh warga Indonesia untuk memasak. Pada umumnya pemakaian minyak goreng aman dipakai hanya 2-3 kali pemakaian saja, menurut (KemenKes Tahun 2022) pemakaian berulang minyak goreng akan sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya  untuk tekanan darah dan kolesterol. Ketika akan dibuang maka hanya akan menjadi limbah yang merusak lingkungan maupun resiko banjir. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah minyak jelantah atau minyak goreng bekas dapat dimanfaatkan menjadi salah satu produk yaitu Lilin Aromaterapi.

Ibu Lurah yaitu Ibu Setyaningsih selaku ketua dari TP PKK Desa Kalirejo memberikan pendapat bahwa “pembuangan minyak goreng bekas masih dilakukan langsung ke Sungai yang mana hal ini menyebabkan polusi lingkungan”. Masalah tersebut mendorong mahasiswa KKN Talun guna melakukan program “Penyuluhan Pembuatan Lilin Aromaterapi dari Minyak jelantah”. Program ini dibutuhkan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan dan melakukan transfer ilmu dari mahasiswa KKN kepada Masyarakat.

Program penyuluhan ini dilaksanakan di Balai Desa Kalirejo pada Sabtu, 15 Juli 2023 dan berjalan sesuai dengan isi undangan yakni dimulai pukul 16.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB. Dalam kegiatan ini sendiri dihadiri oleh  21 TP PKK Desa Kalirejo termasuk Ibu Setyaningsih itu sendiri.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Talun memberikan penyuluhan bagaimana membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Penyampaian materi yang dilaksanakan diawali dengan penyebaran leaflet yang berisi informasi bagaimana cara membuat lilin dan fun fact mengenai lilin, kemudian dilakukan dengan peragaan oleh mahasiswa sendiri dikarenakan tidak adanya kompor untuk melakukan eksperimen tersebut. Walaupun demikian, semua TP PKK Desa Kalirejo antusias mengikuti kegiatan tersebut dan sangat aktif bertanya hingga akhir kegiatan.

Hasil yang diharapkan tercapai setelah program ini berjalan yaitu TP PKK Desa Kalirejo memiliki pengetahuan baru dan dapat membuat sendiri lilin aromaterapi agar nantinya hasil produksi ini dapat memiliki nilai jual dan juga dengan memanfaatkan minyak jelantah  dapat mengurangi pencemaran lingkungan maupun resiko banjir.

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip

 

Penulis : Muhamad Adam Zidane

Dosen Pembimbing : Nenik Woyanti, S.E., M.Si.

Lokasi : Kantor Balai Desa Kalirejo


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.