• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Bahan Alam Sekitar = Sabun Cair? Pemanfaatan Bahan Alam digunakan oleh Mahasiswa Tim II KKN Undip untuk Membuat Sabun Cair Cuci Piring

Desa Kalirejo, Pekalongan (15/07/2023) – Sabun merupakan senyawa kimia dari garam natrium atau kalium pada asam lemak yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani. Sabun dapat berwujud padat atau cair yang dapat membersihkan kulit dari kotoran, minyak dan bakteri. Sabun cair mampu mengemulsikan air, kotoran/minyak. Sabun cair untuk mencuci piring makin banyak jenisnya, akan tetapi masih menggunakan bahan kimia yang banyak untuk membuat sabun cair tersebut. Bahan alam di Indonesia sangatlah melimpah dan memiliki potensi besar untuk diambil ekstrak nya dan dibuat menjadi sabun cair cuci piring, salah satunya adalah daun pandan dan juga jeruk nipis.

Menurut Bapak Lurah di Desa Kalirejo yaitu Bapak H. Tarono, S.IP., M.Si. beliau memberikan pendapat bahwa program yang diajukan ini sangatlah menarik dikarenakan belum pernah dilakukan sebelumnya, ditambah pemakaian bahan alam yang melimpah dan mudah didapat ini akan menjadi daya tarik kepada Masyarakat. Respon yang positif ini mendorong mahasiswa KKN Talun guna melakukan program “Penyuluhan Pembuatan Sabun Cair Cuci Piring”. Program ini dibutuhkan sebagai upaya melakukan transfer ilmu dari mahasiswa KKN kepada Masyarakat.

Program penyuluhan ini dilaksanakan di Balai Desa Kalirejo pada Sabtu, 15 Juli 2023 dan berjalan sesuai dengan isi undangan yakni dimulai pukul 16.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB. Dalam kegiatan ini sendiri dihadiri oleh  21 TP PKK Desa Kalirejo dan Ibu Lurah Desa Kalirejo yaitu Ibu Setyaningsih.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Talun memberikan penyuluhan bagaimana membuat sabun cair cuci piring. Penyampaian materi yang dilaksanakan diawali dengan penyebaran leaflet yang berisi informasi bagaimana cara membuat sabun cair beserta alat dan bahan, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung bagaimana cara membuat sabun cair cuci piring. Semua TP PKK Desa Kalirejo antusias mengikuti kegiatan tersebut dan sangat aktif bertanya hingga akhir kegiatan.

Hasil yang diharapkan tercapai setelah program ini berjalan yaitu TP PKK Desa Kalirejo memiliki pengetahuan baru dan dapat membuat sendiri sabun cair cuci piring agar nantinya hasil produksi ini dapat memiliki nilai jual dan juga dengan memanfaatkan bahan alam dapat memberikan wawasan mengenai kemanfaatannya bagi kehidupan sehari-hari.

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip

 

Penulis : Muhamad Adam Zidane

Dosen Pembimbing : Nenik Woyanti, S.E., M.Si.

Lokasi : Kantor Balai Desa Kalirejo


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.